Prosedur Permohonan Informasi

Last Updated on Agustus 7, 2025 by Ali Usman

Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi



#Persyaratan#

Pemohon Informasi  wajib melampirkan  identitas  pada saat mengajukan permintaan Informasi  berupa :

  1. Pemohon     Informasi      perorangan     paling     kurang melampirkan fotokopi kartu tanda penduduk atau surat keterangan  kependudukan   dari  dinas  kependudukan  dan pencatatan sipil;
  2. Pemohon Informasi badan hukum paling kurang melampirkan  fotokopi  akta  pendirian  badan  hukum yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi  Manusia;  atau
  3. Pemohon      Informasi       kelompok      orang/ organisasi kemasyarakatan   harus   melampirkan   surat   kuasa khusus dan fotokopi  kartu tanda penduduk atau surat keterangan kependudukan penerima kuasa.

Dalam     hal      permohonan Informasi diajukan oleh warganegara/badan  hukum asing,  harus memenuhi  syarat sebagai  berikut :

  1. Warga  negara   asing     paling  kurang     melampirkan identitas  diri  atau izin  tinggal  sementara,  paspor dan dokumen pendukung kepentingan terhadap  Informasi yang dimohonkan;  atau
  2. Badan  hukum    asing   paling   kurang   melampirkan fotokopi akta pendirian badan usaha penanaman modal asing yang berbentuk  perseroan  yang telah mendapat pengesahan  dari Kementerian  Hukum  dan  Hak Asasi Manusia  dan  dokumen  pendukung  kepentingan terhadap Informasi yang dimohonkan.

# Prosedur Permintaan Informasi Publik #

  1. Permohonan informasi publik diajukan  secara  elektronik  atau secara nonelektronik.
  2. Pemohon   mengisi   formulir   permohonan    Informasi   dan Pengadilan memberikan salinannya kepada Pemohon.Download Formulir Permohonan Informasi
  3. Permohonan   Informasi    secara   nonelektronik   dilakukan dengan cara Pemohon datang langsung  ke  layanan  meja informasi atau Pemohon mengisi formulir permohonan  Informasi  dan mengirimkannya melalui surat tercatat kepada PPID
  4. Formulir  permohonan   Informasi   sebagaimana   dimaksud pada angka 2 paling kurang memuat : Nomor   Pendaftaran, Nama  Lengkap, NIK, Alamat, Nomor Telepon, Surat Kuasa (Jika dikuasakan pihak lain), Rincian Informasi yang diminta, Tujuan Penggunaan Informasi, Cara Memperoleh Informasi, dan Cara Mengirimkan Informasi.
  5. Petugas Layanan Informasi mengisi register permononan,
  6. Dalam   hal   Perno hon   Informasi    datang   langsung    dan termasuk Penyandang Disabilitas, pengisian formulir permohonan  Informasi  Publik dapat  dibantu  oleh Fetugas Layanan  Informasi
  7. Petugas Layanan Informasi langsung meneruskan dokumen permohonan Informasi kepada PPID  Pelaksana
  8. PPID    dibantu   PPID    Pelaksana   melakukan   pemeriksaan kelengkapan permohonan Informasi Publik paling lambat 3 (tiga)  hari  sejak permohonan  dicatat  dalam register permohonan Informasi  Publik.
  9. Dalam  hal   permohonan  dinyatakan  tidak   lengkap,   PPID menerbitkan surat keterangan tidak lengkap untuk diberitahukan kepada Pemohon melalui Petugas Layanan Informasi  secara elektronik atau nonelektronik
  10. Pemohon   dapat    menyerahkan    perbaikan     permohonan sebagaimana dimaksud pada angka 9 paling lambat 3  (tiga) hari sejak surat keterangan tidak lengkap diterima dan jika dalam  tempo waktu  tersebut  Pemohon tidak  menyerahkan perbaikan permohonan, Petugas Layanan Informasi atas perintah     PPID      memberikan    catatan     pada     register permohonan Informasi  Publik tanpa harus menindaklanjuti Permintaan Informasi  Publik yang diajukan.
  11. Dalam  hal  Informasi  yang dimohonkan  belum  dinyatakan sebagai    informasi   yang   terbuka   di    dalam   DIP,    PPID melakukan uji konsekuensi berdasarkan  Pasal 17  Undang• Undang    Nomor    14    Tahun    2008   tentang   Keterbukaan Informasi  Publik
  12. Dalam hal permohonan ditolak,  paling lambat  10  (sepuluh) hari sejak menerima permohonan, PPID  melalui Petugas Layanan  lnformasi menyampaikan  pemberitahuan  tertulis kepada Pemohon Informasi secara elektronik atau nonelektronik
  13. Dalam   hal   permohonan   diterima,    PPID    meminta   PPID Pelaksana memperkirakan waktu dan biaya yang diperlukan untuk  menggandakan Informasi  yang diminta,   selanjutnya paling    lambat      10     (sepuluh)     hari     sejak    menerima permohonan,    PPID    melalui   Petugas   Layanan   Informasi secara elektronik atau nonelektronik menyampaikan pemberitahuan   tertulis  kepada  Pemohon  Informasi,
  14. Pemberitahuan tertulis paling kurang memuat Informasi Publik yang diminta berada  di  bawah penguasaannya atau tidak, keterangan  badan  publik  yang  menguasai  Informasi yang diminta dalam hal  Informasi tidak berada di bawah penguasaannya, menerima atau  menolak permintaan  Informasi  Publik yang disertai  dengan alasan, bentuk Informasi  Publik yang tersedia, biaya   dan   cara   pembayaran   untuk    mendapatkan salinan Informasi  Publik yang diminta, waktu yang dibutuhkan untuk  menyediakan Informasi Publik yang diminta, penjelasan  atas  penghitaman/  pengaburan  Informasi yang diminta bila ada, permintaan Informasi  Publik  diberikan  sebagian  atau seluruhnya, penjelasan   apabila  Informasi   tidak  dapat  diberikan karena belum dikuasai  atau belum didokumentasikan.
  15. Petugas Layanan Informasi memberikan kesempatan kepada Pemohon Informasi apabila ingin melihat terlebih dahulu Informasi yang diminta, sebelum memutuskan  untuk menggandakan atau tidak Informasi  tersebut
  16. Petugas Layanan Informasi menggandakan Informasi yang diminta    dan    memberikan   Informasi    tersebut   kepada Pemohon sesuai dengan waktu yang termuat dalam pemberitahuan tertulis.
  17. Informasi    diberikan   kepada   Permohon   Informasi    dalam bentuk  Dokumen Elektronik kecuali dokumen yang hanya tersedia dalam bentuk cetak.
  18. Pengiriman  Dokumen  Elektronik dilakukan melalui  Pos-el  Pemohon (Email) , atau  menyimpan informasi  tersebut ke   alat penyimpanan Dokumen Elektronik yang disediakan oleh  Pemohon.
  19. Penggandaan    dokumen   cetak    dilakukan   oleh     Petugas Layanan  Informasi.
  20. Pengadilan   dapat   memperpanjang   waktu   sebagaimana dimaksud  pada  angka  13  paling lama  7  (tujuh)  hari  sejak penyampaian pemberitahuan perpanjangan waktu kepada Pemohon dalam hal :. Pengadilan belum menguasai atau  mendokumentasikan Informasi  Publik yang diminta, Pengadilan belum dapat memutuskan  status  Informasi yang dimohonkan,. Informasi  yang diminta bervolume besar;  dan / atau. Pengadilan      di      wilayah     tertentu      yang     memiliki keterbatasan untuk mengakses sarana penggandaan.
  21. Setelah menerima Informasi  Publik,  Pemohon mengisi  tanda terima  Informasi Publik.